Skip to content
Mengenal Virtual Office serta Hal Penting Lainnya

Mengenal Virtual Office serta Hal Penting Lainnya

Mengenal virtual office – Salah satu manfaat kemajuan digital dan penyedia jasa kini dikenal dengan suatu sistem yang dinamakan Virtual office atau kantor maya atau dapat disebut kantor virtual dimana Virtual office merubah pekerjaan manual menjadi digital, sebuah bentuk penyewaan jasa sewa alamat kantor di internet.

Konsep ini memberikan kemudahan bagi pihak yang menjalankannya karena lebih praktis, cepat, murah dan mudah. Lebih jelasnya, Kantor Virtual atau Virtual office adalah sebuah “ruang kerja” yang berlokasi di dunia internet, seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki “fisik” lokasi usaha.

Kantor Virtual timbul sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya (cost reduction) yang salah satunya adalah pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik.

Kantor virtual merupakan implementasi dari upaya otomatisasi perkantoran (office automation) yang bertujuan membantu pemilik atau karyawan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Pemanfaatan ruang kantor untuk sarana Virtual office sebenarnya sudah cukup lazim. Praktik ini pun tak hanya dilakukan di Indonesia, tapi juga di berbagai negara besar lainnya. Termasuk di antaranya adalah Australia, Singapura, Hongkong, dan lainnya.

Di Indonesia, perusahaan mulai banyak berburu sewa ruang meeting dan kantor untuk keperluan Virtual office berlangsung sejak tahun 2000. Tidak ada data mengenai jumlah yang pasti pengguna layanan kantor virtual. Yang pasti, para pengguna layanan ini mayoritas adalah usaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan startup.

Dengan semua fasilitas yang disediakan oleh perusahaan Virtual office, dapat dikatakan bahwa tidak hanya menyewakan alamat kantor saja, Virtual office juga penyedia jasa alamat kantor serta fasilitas alamat kantor seperti resepsionis, ruang meeting dan lain sebagainya.

Baca juga: Hukum Penggunaan Virtual Office

Mengenal Virtual Office

Mengenal Virtual Office serta Hal Penting Lainnya

Mengenal Virtual office atau Kantor Virtual adalah kantor yang tidak memiliki bentuk ataupun fisik, namun bisa digunakan sebagai alamat legal perusahaan untuk mendapatkan legalitas serta mendapat fasilitas kantor untuk digunakan dalam berbisnis.

Karena sistem zonasi yang membatasi lokasi yang bisa digunakan untuk domisili perkantoran, alamat perusahaan adalah salah satu hambatan bagi pengusaha di Jakarta untuk mendirikan badan usaha seperti PT ataupun CV. Namun, hal itu tidak lagi menjadi masalah dengan Virtual office. Virtual office bisa digunakan sebagai alamat untuk mendirikan PT ataupun CV dan mendapatkan legalitas untuk menjadi perusahaan yang bonafid.

Secara umum, Virtual office merupakan kantor virtual yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan layanan virtual location ini, perusahaan bisa menggunakannya sebagai alamat untuk berkirim surat atau mencantumkan nomor telepon perusahaan.

Hal ini pun memberi kemudahan saat ada calon klien yang ingin menghubungi perusahaan. Tidak memerlukan office room yang luas, di dalamnya terdapat fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengguna layanannya. Termasuk di antaranya adalah tenaga resepsionis, staf yang bertugas terkait aktivitas surat menyurat, staf yang bertugas menjawab email, pengatur sistem domain perusahaan, dan lain-lain.

Selain itu, kerap penyedia layanan kantor virtual memiliki sistem yang berfungsi melakukan otomasi aktivitas perkantoran. Mereka pun melengkapi dirinya dengan berbagai aplikasi yang mempermudah pekerjaan. Termasuk di antaranya adalah aplikasi perkantoran, aplikasi komunikasi, serta aplikasi kolaborasi.

Para pengguna layanan kantor virtual juga sangat beragam. Mulai dari perusahaan konsultan bisnis, kamar dagang, toko online, dokter atau terapis, akuntan, pengacara, inkubator, dan lain-lain. Seiring dengan efektivitas yang dimilikinya, tak menutup kemungkinan kalau penggunaan kantor virtual akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Virtual Office di Mata Hukum

Penyewa fasilitas Virtual office adalah badan usaha berbentuk perseroan terbatas (“PT”). Mengenai tempat kedudukan PT diatur dalam Pasal 5 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) yang berbunyi sebagai berikut:

  1. Perseroan mempunyai nama dan tempat kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang ditentukan dalam anggaran dasar.
  2. Perseroan mempunyai alamat lengkap sesuai dengan tempat kedudukannya.
  3. Dalam surat-menyurat, pengumuman yang diterbitkan oleh Perseroan, barang cetakan, dan akta dalam hal Perseroan menjadi pihak harus menyebutkan nama dan alamat lengkap Perseroan

Dalam Surat Edaran Nomor 06/SE/2016 tertanggal 29 Januari 2016, Pemerintah DKI Jakarta memperbolehkan praktik kantor virtual.

Hanya saja, penggunaan layanan tersebut harus disesuaikan dengan aturan zonasi yang berlaku, misal di Jakarta PERDA (Peraturan Daerah) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Zonasi dan Tata Ruang mengatur tentang tentang persyaratan pemanfaatan ruang dan ketentuan pengendaliannya dan disusun untuk setiap blok/zona peruntukan yang penetapan zonanya dalam rencana rinci tata ruang.

Peraturan zonasi mengatur lebih rinci dan lengkap ketentuan pemanfaatan ruang dengan tetap mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kota yang ada. Prosedur sebuah perusahaan yang ingin menggunakan kantor virtual secara umum, harus mengajukan izin usaha terlebih dulu.

Sebagai bahan panduan, terutama untuk perusahaan dengan status CV dan PT harus mengetahui prosedur pendirian CV/PT tersebut. Mengikuti dengan hukum yang berlaku dalam pembuatan CV/PT tersebut.

 

Persyaratan Menggunakan Virtual Office

Mengenal Virtual Office serta Hal Penting Lainnya

Untuk menghindari penyalahgunaan Virtual Office sebagai perusahaan fiktif yang merugikan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar dapat menggunakan kantor ini:

  • Berupa perusahaan berbadan hukum atau perusahaan perorangan yang dibuktikan dengan dokumen sah.
  • Bagi perusahaan berbadan hukum dapat melampirkan SKDBU, sementara perusahaan perorangan dapat menunjukkan KTP setempat (seperti contoh bila ingin menyewa Virtual Office di Jakarta maka KTP pendiri setidaknya satu orang adalah berkedudukan di Jakarta. Bila tidak, besar kemungkinan pengurusan akan sulit dilakukan) dan dapat menunjukkan alamat lokasi usaha riil.
  • Surat rekomendasi dari bank dan rekening aktif. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk memperkuat posisi perusahaan dan menjaga pengusaha untuk tetap bertanggung jawab menjalani bisnis yang dilakoni.
  • Melampirkan NPWP.

Empat persyaratan di atas adalah persyaratan umum yang akan dibutuhkan saat seseorang atau sebuah perusahaan akan menggunakan layanan Virtual Office. Namun boleh jadi ada beberapa dokumen lain yang akan diminta sesuai dengan kebijakan masing-masing penyedia layanan Virtual Office untuk menjamin kerjasama yang dijalankan.

 

Penting! Bagi Kamu yang Mau Memilih dan Mengenal Virtual Office

Sebelum Teman Bizlaw memilih untuk menggunakan virtual office, Teman Bizlaw harus tahu ini apa sih hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih virtual office? Biasanya apa saja syarat-syarat dan ketentuan penting dalam memilih virtual office? Nah, dari pengertian dan kegunaan virtual office itu sendiri kita tahu sedikit-sedikit apa saja yang perlu kita perhatikan.

Supaya Teman Bizlaw lebih mudah, kita bantu jelaskan hal-hal penting yang harus diperhatian dalam memilih virtual office. Simak di bawah ini ya!

Yang pertama menjadi perhatian Teman Bizlaw adalah lokasi dari virtual office itu sendiri. Sekarang sudah banyak lokasi-lokasi perkantoran, seperti  Central Business District (CBD) di wilayah DKI Jakarta, dan tersebar di beberapa daerah seperti Sudirman, Thamrin maupun Kuningan belum lagi CBD didaerah Kemang, Cawang dan Tomang serta daerah lainnya.

Lokasi dari Virtual Office di Jakarta merupakan faktor yang paling utama di dalam menentukan alamat dari bisnis/usaha, baik pada nantinya digunakan sebagai alamat kantor maupun hanya sebagai alamat legaitas usaha karena sudah terlanjur menyewa ruangan kantor namun di zonasi yang tidak tepat (peruntukannya bukan untuk ruangan kantor/berusaha).

Semakin strategisnya lokasi kantor dari sebuah bisnis/usaha maka semakin besar pula keuntungan tambahan (selain profit karena penjualan produk/jasa) yang dapat diperoleh, baik bonafiditas maupun efisiensi waktu perjalanan. Sebagai salah satu rekomendasi adalah Virtual Office di daerah Kemang, Jakarta Selatan, yaitu BIZLAW. Tempat nyaman dengan lokasi strategis, BIZLAW tempatnya!

Selain dari lokasi virtual office, sebagai pengusaha, Teman Bizlaw harus memilih Virtual Office di Jakarta yang dapat mengakomodir memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis atau usaha.

Lebih baik, memilih virtual office yang memiliki fasilitas ruang meeting, alat dan furniture kantor yang bagus, yang memiliki estetika yang baik dan masih berfungsi dengan baik, koneksi Internet yang cepat, dan tak kalah penting adalah tempat penyedia jasa Virtual Office di Jakarta merupakan lokasi yang legal untuk berusaha sehingga tidak menyulitkan legalitas usaha Anda.

Hal yang perlu diperhatikan selain dari segi lokasi, fasilitas & Layanan adalah Konsep Virtual Office di Jakarta. Konsep Virtual Office di Jakarta hanya cenderung sebatas memberikan ruang terbatas bagi kegiatan bisnis/usaha.

Hal mana flexibilitas dalam bekerja antara karyawan ataupun pebisnis/pengusaha sendiri berbeda-beda, ada terdapat orang yang datang ke kantor pada waktu yang berbeda, mengambil istirahat pada waktu yang berbeda, perlu bersosialisasi pada waktu yang berbeda, dan memiliki jam paling produktif pada waktu yang berbeda-beda.

Untuk itu hadirlah BIZLAW sebagai penyedia jasa Virtual Office di Jakarta yang memberikan solusi untuk semua pebisnis/pengusaha memiliki tempat kerja yang instan.

BIZLAW memberikan solusi untuk semua kebutuhan bisnis Anda dalam satu layanan atap, baik dari segi hukum, IT maupun jasa akuntansi dan pajak, dan menghubungkan orang-orang yang berada dalam jaringan/komunitas.

Pilihlah virtual office yang memiliki syarat dan ketentuan yang mudah namun detail. Sudah sepatutnya Virtual Office di Jakarta sebagai solusi yang memudahkan bagi bisnis/usaha bagi Teman Bizlaw bukannya malah menghambat.

BIZLAW memberikan layanan yang terintegrasi dalam pelayanan satu atap, termasuk membuat bisnis Teman Bizlaw tumbuh lebih cepat, karena BIZLAW mengerti bagaimana menyederhanakan bisnis Anda secara ekonomi dan cara yang efisien.

Hal terakhir ini juga perlu diperhatikan oleh Anda di dalam memilih Virtual Office di Jakarta yang tepat adalah biaya sewa. Biaya sewa Virtual Office di Jakarta menjadi salah satu faktor krusial dalam menentukan penggunaan Virtual Office di Jakarta.

Hal ini dikarenakan tujuan awal dari penggunaan Virtual Office di Jakarta adalah untuk mengurangi dan/atau menghindari biaya-biaya operasional suatu bisnis atau usaha.

Hubungi Kami

Aman banget kan pakai virtual office, selain memudahkan, juga sudah diatur dalam peraturan sehingga gak perlu khawatir untuk menggunakan virtual office!

Jangan lupa juga, Untuk wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, Bizlaw memiliki virtual office yang sangat memadai loh! Virtual office Bizlaw berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, jadi lokasinya sangat strategis nih buat Teman Bizlaw yang mau menyewa virtual office!

Gimana sih caranya?

Bagi Teman Bizlaw yang masih ragu/ galau/ penasaran, yuk langsung konsultasikan ke Bizlaw! Tidak hanya konsultasi saja, Bizlaw bisa memberikan arahan dan membantu dalam penanganan serta memberikan virtual office ke kalian!

Ingin tahu lebih lanjut virtual office yang disediakan Bizlaw? info@bizlaw.co.id atau 0812-9921-5128 atau bisa tanya-tanya di Instagram kami @bizlaw.co.id.

Baca juga: Penting! Perhatikan Ini Dulu Sebelum Mendaftarkan Merk

Leave a Comment