Bizlaw

Alasan Harus Memilih Virtual Office Jakarta, Nikmati Kelebihannya

Alasan Harus Memilih Virtual Office Jakarta, Nikmati Kelebihannya

Dengan menggunakan konsep virtual office, perusahaan dapat menghemat biaya yang terkait dengan sewa kantor fisik, peralatan, listrik, dan perawatan gedung. Inilah alasan kenapa harus memilih virtual office Jakarta. Ini juga memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk bekerja dari berbagai lokasi, yang dapat meningkatkan produktivitas dan keseimbangan kerja-kehidupan. Selain itu, virtual office memungkinkan bisnis untuk memiliki kehadiran di lokasi strategis tanpa harus berinvestasi dalam properti fisik.

Jika melihat di kota-kota besar, virtual office boleh dibilang menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan, beberapa di antaranya adalah perusahaan startup. Yang menarik adalah terkadang dengan hadirnya virtual office, mereka hanya mengenal sebatas nama atau obrolan via gawai. Namun demikian, virtual office diklaim lebih menghemat biaya dan waktu. 

Banyaknya startup di Indonesia yang semakin berkembang membuat virtual office menjadi pilihan terbaik untuk wujud pengadaan kantor. Adapun harga sewa virtual office Jakarta sangat variatif sehingga menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Sebagai solusi terbaik saat sebuah perusahaan membutuhkan alamat kantor secara legal dan kepentingan lainnya.

Hal yang menarik ketika menjalankan virtual office yaitu semua yang terlibat bisa menjalankan bisnis dari mana saja. Tidak perlu repot membangun kantor dan mempersiapkan komponen penunjang lainnya. Cukup dengan sewa virtual office layaknya memiliki kantor sendiri dan legal secara hukum.

Tidak dapat dipungkiri memang perkembangan Virtual Office  Jakarta kini semakin dilirik oleh para pengusaha kecil menengah. Memiliki alamat kantor bergengsi dengan harga yang terjangkau memang menjadi idaman bagi setiap pengusaha. Meskipun begitu, para penyedia layanan Virtual Office  tidak begitu saja akan menerima setiap calon klien yang akan memakai jasanya, biasanya penyedia Virtual Office punya cara sendiri untuk bisa menyaring bisnis ‘tipu-tipu’ yang ingin menyalahgunakan kemudahan berbisnis dengan layanan Virtual Office ini.

Banyaknya kasus penipuan yang bermunculan karena perusahaan yang tidak memiliki kantor, tentunya harus membuat kita memahami arti sebuah kantor. Guna mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan pelanggan atau klien kita, maka keberadaan sebuah kantor sangat diperlukan. Akan tetapi, di kota-kota besar yang lahannya sudah mulai menyempit dan sangat mahal ini membuat permasalahan serius bagi para pelaku usaha untuk memiliki sebuah kantor. Permasalahan ini jelas akan semakin pelik jika tidak ada jalan keluar bagi para pengusaha untuk memiliki sebuah kantor.

Saat ini, kita tengah berada pada masa dimana teknologi sedang berkembang begitu pesat. Perkembangan teknologi tersebut dinilai lebih praktis sekaligus dapat memenuhi kebutuhan manusia, baik secara disadari ataupun tidak. Seiring hadirnya internet pada awal millennium kedua membuat permasalahan ini sedikit demi sedikit teratasi. Saat ini di kota-kota besar muncul suatu konsep perkantoran yang disebut dengan Virtual Office.

Adanya perusahaan fiktif yang menyewa Virtual Office sebenarnya bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan. Pasalnya, kini penyedia jasa VO telah sangat selektif memilih klien, ditambah adanya seleksi alami dari aturan perpajakan yang ketat, di mana setiap direktur perusahaan harus memenuhi berbagai dokumen, seperti NPWP, Akta Pendirian, KTP direktur, dan alamat lengkap untuk SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Setidaknya kini telah ada 50 ribu perusahaan di Indonesia yang telah memakai jasa layanan Virtual Office, dan didominasi dari kalangan start-up. Uniknya, walaupun para perusahaan klien saling berbagi alamat kantor bersama, namun masing-masing perusahaan tetaplah memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak sesuai skala perusahaan masing-masing dan tidak disamaratakan.

Baca juga: Virtual Office Untuk Pendirian PT Apa Saja Fasilitasnya

Pengertian Virtual Office

Virtual office merupakan kantor virtual yang disediakan demi kepentingan yang lebih luas dan fleksibel. Secara menyeluruh semua layanan dari virtual office sangat dibutuhkan untuk penggunanya dalam meningkatkan pengembangan bisnis. Apalagi jika baru merintis dan ingin menghemat biaya juga akses mendapatkan alamat yang bergengsi di tengah kota.

Bagi perusahaan yang sedang berkembang, pembangunan kantor dan kebutuhan lain akan memerlukan banyak biaya. Solusi terbaik untuk mengatasinya bisa dengan memakai virtual office yang terjamin lengkap. Mulai dari pengadaan alamat kantor yang jelas, sistem kerja jadi lebih fleksibel dan sebagainya.

Jenis harga sewa virtual office Jakarta juga sangat variatif, pengguna bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Dimana sebuah kantor online ini sangat membantu dalam pengembangan bisnis lebih cepat. Legalitas dan alamat kantor juga bisa digunakan untuk kepentingan pengguna.

Pentingnya virtual office hadir sebagai upaya dalam efisiensi kinerja hingga penghematan biaya yang sangat terjangkau. Jadi saat perusahaan sedang mengembangkan bisnisnya maka solusi terbaik dengan menyewa virtual office. Pengguna bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap juga alamat kantor yang bisa dipilih.

Manfaat Virtual Office Jakarta

Dalam perkembangan saat ini dimana kantor menjadi tempat penting untuk berkoordinasi bersama tim. Maka hadirnya virtual office memberikan kemudahan layanan, alamat, hingga legalitas kantor. Adapun manfaat dari sewa virtual office sebagai berikut :

1. Hemat Waktu

Saat ingin mengembangkan bisnis secara cepat, semua kegiatan berpacu dengan waktu. Dengan hadirnya virtual office menjadi bagian penting untuk menghemat waktu. Pasalnya karyawan kantor bisa mengakses kantor secara langsung tanpa harus melakukan perjalanan.

Jika bekerja di kantor konvensional, maka karyawan harus menempuh perjalanan dan bisa jadi terjebak macet ibukota. Sementara itu, jika menggunakan virtual office maka karyawan bisa langsung hadir tanpa harus kehabisan waktu. Atau bisa mengatur jam ketemu klien saat malam hari, sementara itu penggunanya bisa bersantai di siang hari.

2. Hemat Biaya

Kemudahan saat memanfaatkan sewa virtual office yaitu menghemat biaya operasional kantor. Jika memakai virtual office, pengguna tidak perlu maintenance fasilitas yang ada. Pasalnya semua sudah masuk di dalam harga sewa virtual office Jakarta sesuai dengan paket bulanan atau tahunan.

Bandingkan jika pengguna memilih kantor konvensional, bagaimana dengan perawatan, biaya operasional dan lainnya. Maka harus menganggarkan biaya perbaikan, pembelian perangkat dan lain sebagainya. Dengan begitu, kebutuhan akan biaya operasional akan lebih banyak saat memakai kantor konvensional.

3. Bisa Multitasking

Hadirnya virtual office dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti layanan customer care, fax hingga resepsionis. Pengguna juga bisa multitasking dalam mengerjakan bisnis dalam satu waktu. Jadi waktu yang dihabiskan bisa sangat efektif dan efisien bahkan membuka ide baru.

Semua urusan bisa berjalan bersamaan, apalagi bagi yang sedang merintis bisnis. Dengan menyewa virtual account menjadi pilihan tepat agar semua pekerjaan bisa tertangani dengan cepat, mudah dan akses langsung.

4. Memilih Lokasi Bergengsi

Lokasi strategis sangat berpengaruh, saat menyewa virtual office maka pengguna bisa memilih lokasi yang bergengsi. Hal ini akan membuka peluang baik untuk mendapatkan kepercayaan dari klien. Apalagi virtual office ini juga memberikan akses yang fleksibel.

Tidak perlu repot mencari alamat yang terlihat bergengsi dan menyewa kantor konvensional. Pasalnya lokasi bisnis yang memiliki reputasi sangat baik bisa semakin mendapatkan klien secara langsung. Sementara itu, harga sewa virtual office Jakarta sangat terjangkau dan membuka peluang mendapatkan klien lainnya.

5. Meningkatnya Produktivitas Kerja

Rutinitas kerja yang dijalani selalu sama dan terus menerus akan membuat jenuh. Ketika memilih virtual office maka pekerjaan yang dilakukan bisa sangat fleksibel dan disesuaikan oleh penggunanya. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses dan mengatur jadwal dengan fleksibel. Hasilnya kerja jadi lebih efektif dan produktivitas semakin meningkat dalam menangani bisnis yang dilakukan. Apalagi jika pekerjaan bisa dijalankan fleksibel maka bisa menghindari permasalahan yang terjadi di kantor. Dengan virtual office ini juga meminimalisir interaksi yang tidak perlu diluar kepentingan bisnis.

6. Fasilitas Lengkap

Fasilitas merupakan komponen penting dalam pengadaan kantor secara menyeluruh. Berbeda dengan kantor konvensional, bahwa pemilik perusahaan harus menyediakan fasilitas secara lengkap dan sesuai kebutuhan pengguna. Maka di virtual office ini semua fasilitas tersedia dan menyesuaikan harga dan keinginan penggunanya. Associe sebagai tempat yang mengerti kebutuhan para startup ini menyediakan virtual office untuk kebutuhan anda. Memiliki 5 pilihan alamat yang bergengsi dengan harga sewa virtual office Jakarta yang bervariasi. Seperti Cengkareng, Slipi, Mampang, Alam Sutera hingga Gading Serpong. Dengan harga mulai dari Rp. 150.000 per bulan hingga Rp. 335.000 per bulan atau dengan memilih paket tahunan, mulai dari Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000 per tahun.


Dasar Hukum Virtual Office

Virtual Office atau kantor virtual di Indonesia sudah sah secara hukum sehingga bisa Anda gunakan untuk pendirian PT dan CV. Saat ini virtual office banyak digunakan oleh startup dan corporate baru maupun yang sudah lama beroperasi. Sebagian besar tempat yang dipilih adalah di Jakarta karena Jakarta sebagai pusat ibu kota dan pusat bisnis di Indonesia. Berikut ini dasar hukum Virtual Office yaitu :

Undang-Undang

Undang-undang menjadi pedoman untuk menjalankan aktivitas usaha atau bisnis di Indonesia. Tempat kedudukan Perseroan Terbatas (PT) terdapat dalam Pasal 5 UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) yang berbunyi sebagai berikut:

1. Perseroan mempunyai nama dan tempat kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang ditentukan dalam Anggaran Dasar.

2. Perseroan mempunyai alamat lengkap sesuai dengan tempat kedudukannya.

3. Dalam surat-menyurat, pengumuman yang diterbitkan oleh Perseroan, barang cetakan, dan akta dalam hal Perseroan menjadi pihak harus menyebutkan nama dan alamat lengkap Perseroan

Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta

Virtual Office mulai beroperasi sejak adanya Peraturan Daerah (Perda)  DKI Jakarta No.1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (Perda Zonasi). Perda tersebut mengharuskan Virtual Office mempunyai kantor fisik atau alamat perusahaan yang jelas. Karena itu termasuk ke dalam sistem zonasi oleh Pemda DKI Jakarta. Pemda DKI Jakarta telah mengklasifikasikan sekitar 32 zona sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Setiap zona mewakili masing-masing kebutuhan masyarakat, mulai dari zona perkantoran, zona pelayanan publik, tempat hiburan dan pemakaman dan sebagainya.

Sedangkan untuk Virtual Office masuk ke dalam  kategori ekonomi dan bisnis. Oleh sebab itu, termasuk kategori usaha. Berdasarkan sistem zonasi tersebut, setiap bisnis atau usaha harus menempatkan kantor atau gedung bangunannya sesuai dengan lingkup sistem zonasi Pemda DKI Jakarta.

Sebagai contoh, Virtual Office yang terletak di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, maka bisnis tersebut harus mempunyai kantor fisik di tempat yang sesuai dengan aturan pemerintah untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Karakteristik zona pada wilayah tersebut adalah zona perkantoran, perdagangan dan jasa. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus berkantor pada zona tersebut. Selain itu, pada zona tersebut harus mempunyai akses pejalan kaki dan terhubung dengan transportasi massal, jalur penghubung antar bangunan dan sumber energi serta teknologi yang memadai. 

Surat Edaran Kepala PTSP

Selain itu, pengaturan Virtual Office juga ada dalam Surat Edaran Kepala PTSP No. 6/SE/Tahun 2016  tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili dan Izin-Izin Lanjutannya bagi Pengguna Virtual Office. 

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia dan pusat bisnis utama, telah menjadi magnet bagi para pengusaha, perusahaan, dan profesional yang ingin menjelajahi peluang di pasar yang dinamis dan berkembang. Namun, mengikuti ritme perkembangan ini tidak selalu mudah, terutama ketika berkaitan dengan infrastruktur bisnis fisik yang memerlukan investasi besar. Inilah alasan mengapa banyak pelaku bisnis modern memilih virtual office sebagai solusi cerdas untuk mengejar kesuksesan di tengah pusat kegiatan ekonomi ini. 

Alasan Penting Mengapa Memilih Virtual Office Jakarta

1. Alamat Strategis dan Citra Bisnis Profesional

Memiliki alamat bisnis yang terletak di Jakarta memberikan kesan prestisius dan profesional bagi perusahaan Anda. Virtual office memungkinkan Anda memiliki alamat resmi di distrik bisnis utama tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi untuk menyewa ruang kantor fisik. Alamat di kawasan bisnis yang bergengsi seperti Sudirman, Thamrin, atau Kuningan dapat meningkatkan citra bisnis Anda di mata klien, mitra, dan investor potensial.

2. Fleksibilitas Kerja dan Penghematan Biaya

Fleksibilitas adalah salah satu daya tarik utama dari virtual office. Dalam lingkungan bisnis yang terus berubah, memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja adalah aset berharga. Dengan virtual office, Anda tidak terikat pada satu lokasi fisik, sehingga memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal kerja yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, menghindari biaya sewa kantor tradisional dapat membantu Anda mengalokasikan dana untuk pengembangan bisnis atau investasi lainnya.

3. Dukungan Administratif dan Teknologi

Virtual office di Jakarta tidak hanya memberikan alamat bisnis yang menarik, tetapi juga menyertakan layanan administratif yang penting. Layanan penerimaan panggilan telepon, penerimaan surat, dan pengelolaan administrasi lainnya membantu menjaga komunikasi dan operasi berjalan lancar. Selain itu, dukungan teknologi seperti layanan email dan akses internet juga dapat membantu menjaga konektivitas yang diperlukan dalam dunia bisnis yang terhubung secara digital.

4. Ruang Pertemuan dan Presentasi

Meskipun bekerja dari jarak jauh, ada saat-saat di mana pertemuan langsung dengan klien atau mitra menjadi penting. Virtual office di Jakarta sering menyertakan akses ke ruang pertemuan atau ruang konferensi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Ini memastikan bahwa Anda tetap memiliki tempat yang representatif untuk mengadakan pertemuan penting atau presentasi kepada pihak-pihak yang relevan.

5. Memanfaatkan Jaringan Bisnis di Jakarta

Pusat bisnis seperti Jakarta menawarkan peluang besar untuk membangun jaringan bisnis yang luas. Dengan memilih virtual office di Jakarta, akan berada dalam lingkungan di mana banyak pelaku bisnis berkumpul. Ini memberi akses potensial ke kolaborasi, peluang mitra, dan pertumbuhan bisnis melalui interaksi sosial yang lebih mudah.

Dalam dunia bisnis yang berubah dengan cepat, kemampuan untuk beradaptasi adalah kunci. Memilih virtual office Jakarta memberikan keunggulan untuk menjalankan bisnis dengan fleksibilitas, efisiensi, dan citra profesional tanpa harus terikat dengan keterbatasan ruang fisik. Dengan alamat bergengsi, dukungan administratif, dan akses ke fasilitas bisnis, virtual office di Jakarta adalah pilihan yang cerdas bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan di pusat aktivitas bisnis yang menggeliat.

Hubungi kami apabila Anda memiliki banyak pertanyaan mengenai Penyewaan Virtual Office, selain itu kami juga dapat membantu Anda untuk pendirian badan hukum / badan usaha lainnya: PT, CV, dan jenis badan usaha lainnya, kami juga dapat membantu anda dalam pengurusan perizinan pada sistem OSS.

Segera hubungi kami:

Email : info@bizlaw.co.id
Whatsapp : (+62) 812 99215128