Bizlaw

Apa Itu Pengusaha Kena Pajak (PKP) Bagaimana Syarat Permohonannya

Apa Itu Pengusaha Kena Pajak (PKP) Bagaimana Syarat Permohonannya

Pajak dan bisnis adalah dua hal yang sangat berkaitan. Dalam dunia perpajakan, kita mengenal istilah Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai pemungut PPN dan non PKP. Lantas, apa perbedaan PKP dengan non PKP? Baca penjelasannya di bawah ini.

 

Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Non PKP

Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah pengusaha, baik orang pribadi, badan, maupun badan usaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP) yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (UU PPN) serta berubahannya.

Dalam Pasal 1 angka 4 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2000 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU 16/2000) disebutkan:

“Pengusaha Kena Pajak adalah Pengusaha sebagaimana dimaksud pada angka 3 yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya, tidak termasuk Pengusaha Kecil yang batasannya ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan, kecuali Pengusaha Kecil yang memilih untuk dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak”

Pengusaha yang melakukan sebuah penyerahan yang merupakan objek pajak sesuai dengan Undang – Undang PPN wajib melaporkan seluruh usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP kecuali pengusaha kecil yang batasannya sudah ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

Sedangkan pengusaha Non PKP adalah seorang pengusaha atau badan yang masih belum dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan membuatnya tidak mendapatkan kewajiban untuk memungut dan melaporkan segala bentuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) meskipun di dalam usahanya terdapat kegiatan penyerahan barang atau jasa yang termasuk Barang Kena Pajak.

Meskipun demikian, banyak sekali pengusaha Non PKP yang memilih untuk mendaftarkan diri sebagai PKP untuk mempermudah proses bisnisnya di kemudian hari. Sebuah perusahaan yang mempunyai PKP memiliki banyak kelebihan dan keuntungan dari perusahaan Non PKP.

Baca juga: Sebelum Lapor Pajak Pahami Ini Dulu

Hak dan Kewajiban PKP

Sebagai PKP, hak yang diperoleh adalah:

Disamping itu, kewajiban yang dimiliki PKP adalah:

Apabila pengusaha kecil atau Non PKP dalam jangka waktu satu tahun terakhir memiliki dan mencapat nilai omzet yang ditentukan, maka pengusaha harus melaporkan usahanya agar dikukuhkan sebagai PKP.

Tetapi jika dalam kurun waktu satu tahun buku peredaran bruto pengusaha yang sudah menjadi PKP tidak melebihi batasan omzet yang ditentukan, makan pengusaha bisa mengajukan permohonan untuk mencabut PKP.

 

Syarat – Syarat Pengusaha Kena Pajak

Jika seorang pengusaha Non PKP ingin menjadi PKP, maka perusahaan tersebut harus mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Pokok Pengusaha Kena Pajak (NPPKP).

Agar dapat dikukuhkan sebagai PKP, seorang pengusaha wajib memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut ini:

Pengusaha dengan omzet di atas 4,8 miliar rupiah pada dasarnya wajib menjadi PKP. Tapi, jika pengusaha memiliki omzet di atas 4,8 miliar rupiah namun belum PKP, maka pengusaha tidak bisa memungut PPN dan menerbitkan faktur pajak.

Jadi secara garis besar, perbedaan PKP dan non PKP ada pada kewajiban dan haknya. Nah, untuk lebih memahami perbedaan PKP dan non PKP, mari pelajari kewajiban dan hak PKP di bawah ini.

 

Tata Cara Permohonan PKP

Berkas – berkas yang harus disiapkan apabila pengusaha ingin mengajukan permohonan PKP antara lain:

  1. Untuk Wajib Pajak Pribadi, yang diperlukan adalah:
  1. Untuk Wajib Pajak Badan
  1. Untuk Wajib Pajak Badan Bentuk Kerja Sama Operasi (Joint Operation)

Dokumen-dokumen lain yang biasanya disertakan adalah:

Dalam jangka waktu 3-5 hari setelah semua persyaratan dilengkapi dan diajukan, petugas verifikasi akan melakukan survey atau verifikasi. Bila disetujui, maka sekitar 1-2 hari sejak survey, maka surat pengukuhan PKP dapat diambil di KPP tempat syarat pengajuan PKP diberikan.

Keputusan Permohonan Pengajuan PKP diterbitkan paling lambat 5 hingga 10 hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat diterbitkan. Tetapi ada kalanya, pengajuan PKP ditolak karena:

 

Hubungi Kami

Jika kamu membutuhkan jasa pengurusan PKP atau pengurusan perpajakan lainnya silahkan hubungi kami dengan cara kirim email ke info@bizlaw.co.id, atau hubungi kami melalui telefon di 0812-9921-5128, atau datang langsung ke kantor kami di South Quarter, Tower A Lantai 18, Jl. RA. Kartini Kav 8, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Indonesia. Bizlaw? Your one stop legal solution yang selalu siap membantu anda!